I/O pada CPU

ada banyak input dan output pada CPU, di bawah ini saya sajikan contoh-contoh yang paling sering di jumpai:
1. Monitor

Monitor merupakan perangkat output yg berfungsi menampilkan data atau informasi sehingga data atau informasi tersebut dapat diketahui oleh penggunanya .
Ada 2 jenis monitor :
– CRT (Cathode Ray Tube)
– LCD ( Liquid Crystal Display
2. Keyboard

Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol – tombol untuk mengetik huruf, angka, dan simbol – simbol khusus lainnya pada komputer .
keyboard komputer secara fissik mempunyai bentuk yang hampir sama dengan keyboard yang terdapat pada mesin ketik manual .
3. Mouse

Mouse merupakan alat bantu yang digunakan untuk menggerakan pointer mouse yang pada umumnya berbentuk anak panah kecil , pointer mouse akan bergerak berdasarkan arah gerakan bola kecil yg terdapat dalam mouse , selain jenis trackball, ada mouse yg menggunakan sensor cahaya serta lampu LED merah dibawahnya sebagai pencahaya atau biasa disebut mouse optical .

5. Scanner

scanner merupakan perangkat yg prinsip kerjanya seperti mesin fotocopy, perbedaannya pada mesin fotocopy hasilnya ditampilkan pada kertas, sedangkan hasil scanner akan ditampilkan pada layar monitor. Hasil scanner dapat berupa file teks, dokumen, maupun gambar .
6. Printer
printer merupakan alat output yg berfungsi untuk melakukan pencetakan teks, gambar, dan tampilan lain dari komputer ke kertas atau pun media lain
7. Speaker
adalah sebuah perangkat elektronika yang berfungsi mengubah sinyal listrik (elektrik) menjadi sinyal audio sehingga dapat kita dengar sebagai suatu bunyi. Bunyi pada speaker dihasilkan dari sebuah magnet, kumparan, dan membran (selaput) yang akan bergetar seiring dengan sinyal elektrik yang melewati sebuah kumparan didalamnya
8. Kabel USB
Fungsi utamanya buat nyambungin perangkat yang menggunakan port usb, jadi biar nggak langsung nyolok ke komputer. Misalnya aja agan nggak perlu nungging nungging nyolokin flashdisk ke pantan cpu, cukup dengan menggunakan usb ekstender. Atau bila menggunakan wifi atau GSM/CDMA modem, bisa memperkuat sinyal, soalnya posisi modem jadi bisa diatur. Biasanya ada batasan mengenai panjangnya, yang dipengaruhi dari kualitas kabel dan konektornya.
9. Card Reader
Fungsi card reader adalah untuk membaca memory card baik itu memory-memory handphone, kamera digital, maupun jenis memory lain seperti SD Card, Mini-SD, RS Card, MSD (Memory Stick Duo), MSD PRO, MD, CF, XD, T-Flash (Trans Flash), dan sebagainya.
Memory card dapat dibaca oleh card reader dengan cara menghubungkan card reader pada port usb komputer, seperti kalau kita menghubungkan usb mouse, keyboard, atau flash disk. Lewat card reader dapat kita masukkan berbagai file ke dalam memory card, seperti mp3, gambar, aplikasi, dan dokumen.

10. Flashdisk
Flashdisk atau UFD yaitu piranti penyimpanan data memori flash dengan tipe NAND yang mempunyai alat penghubung antara USB yang terintegrasi. Flash drive berukuran kecil, ringan, juga bisa dibaca dan ditulis. Kemampuan penyimpanan kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 64 megabyte sampai 512 gigabyte.
Ada banyak kelebihan dari USB flash drive dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan karena tidak memiliki bagian yang bergerak daripada disket
11. Web Cam
WebCam adalah kamera video sederhana berukuran relatif kecil. sering digunakan untuk konferensi video jarak jauh atau sebagai kamera pemantau. WebCam pada umumnya tidak membutuhkan kaset atau tempat penyimpanan data, data hasil perekaman yang didapat langsung ditransfer ke komputer.
12. Colling pad
Cooling pad berguna sebagai pendingin notebook. Dilengkapi dengan kipas ukuran 8 cm yang dilapisi dengan bahan yang terbuat dari plastik tipis. Kipas ini kemudian dihubungkan dengan konektor USB yang ada di Notebook melalui kabel USB yang disertakan.

One thought on “I/O pada CPU

  1. Pingback: TUGAS ORKOM « a7xchalim

Leave a comment